Canon EOS RP, Kamera Mirrorless Full-Frame

Canon hadirkan kamera mirrorless full-frame sistem EOS R bernama Canon EOS RP. Kamera berbodi ringan dan ramping tampil dengan sensor CMOS 26,2 megapiksel, Dual Pixel AF, dan prosesor gambar DIGIC 8.

Kamera yang mengusung filosofi penggunaan tipe “P” yang diambil dari sejarah kesuksesan kamera Canon tahun 1960, dan juga terinspirasi dari bahasa Perancis yaitu “Populaire”, ditargetkan menjadi kekuatan baru kamera sistem EOS R dan mampu memenuhi kebutuhan kamera mirrorless full-frame. “Kamera Canon EOS RP diharapkan mampu memenuhi kebutuhan banyak pengguna dalam merasakan kehebatan kamera mirrorless full-frame Canon,” ujar Merry Harun – Canon Division Director, pt. Datascrip.

Canon EOS RP mengusung mount RF, sehingga  para pengguna kamera DSLR EOS masih dapat menggunakan koleksi lensa EF dan EF-S-nya di kamera Canon EOS RP tentunya dengan tambahan mount adapter.

Kamera berbobot 485 gram juga dilengkapi Feature Assistant dan Extension Grip (EG-E1) opsional sehingga pengguna bisa dengan mudah menjelajahi fungsi kamera dan nyaman. Untuk mengatur keseimbangan area bidikan paling gelap dan paling terang untuk mendapatkan detail dan tampilan gambar sempurna, meskipun dalam kondisi backlit, Canon hadirkan Fitur Auto Lighting Optimiser.  Bila kondisi minim cahaya, para pengguna tidak perlu khawatir karena kamera ini mengusung rentang ISO 100-40.000, yang dapat diperluas rentangnya menjadi ISO 50-102.400, sehingga noise yang dihasilkan pun sangatlah minim.

Berbagai fitur canggih ditanankan Canon di kamera ini, misalnya teknologi Dual Sensing IS untuk mendeteksi getaran kamera melalui sensor gyroscopic dan sensor CMOS yang akan mengatur dan menghadirkan Image Stabilisation sehingga pengguna dapat memotret dengan shutter speed hingga lima stop lebih lambat, teknologi sangat berguna pada situasi minim cahaya. Kemudian teknologi Digital Lens Optimizer hadir untuk mengoreksi penyimpangan gambar berupa difraksi dan distorsi optik untuk menghasilkan kualitas gambar yang sangat baik langsung dari kamera.

Selain itu, kamera ini dilengkapi Dual Pixel CMOS AF agar menghadirkan kecepatan autofocus halus dan super cepat hingga 0,05 detik, sehingga pengguna tidak akan kehilangan momen-momen penting saat pemotretan.

Fitur menarik adalah Fungsi Eye Detection AF dalam mode Servo AF akan mendeteksi dan memastikan fokus terkunci pada mata subjek bahkan pada bukaan aperture besar. Fitur ini sangat berguna terutama saat subjek bergerak.

Utnuk foto makro, Canon hadirkan fitur Focus Bracketing. Serangkaian gambar diambil secara otomatis berdasarkan pengaturan yang telah ditentukan seperti jumlah bidikan, rentang fokus, dan titik fokus utama. Selanjutnya, rangkaian gambar tersebut akan diolah bersama untuk membentuk gambar akhir menggunakan software Digital Photo Professional. Kamera ini bisa melakukan pengambilan gambar dari sudut yang unik karena dilengkapi Layar LCD sentuh vari-angle.

Para pengguna akan terasa nyaman dengan kehadiran USB Power Adapter PD-E1 opsional, daya baterai kamera EOS RP dapat langsung diisi ulang dengan cepat melalui Hi-Speed USB 2.0/Type C.

Pre-order Canon EOS RP, untuk body only (BO) seharga Rp19.998.000 dan untuk Canon EOS RP with lens RF 24-105mm F/4L IS seharga Rp35.750.000. Dalam pemesanan pre-order ini, pemesan juga akan mendapatkan bonus berupa Mount Adapter EF-EOS R, Battery LP-E17 dan Connect Station CS100.

Bagi Anda yang berminat memiliki kamera Canon EOS RP, pt. Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia, mulai menerima pemesanan pre-order pada tanggal 11–22 Maret 2019. Pecinta fotografi yang tertarik dengan Canon EOS RP bisa datang dan memesannya ke toko–toko kamera terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *