Kemegahan Pencahayaan Philips Vaya Flood Low Power G2 dan Vaya Linear MP

Philips Lighting, memamerkan teknologi penyinaran canggihnya di  masjid terbesar keempat di Turki yakni Masjid Abdülhamid Han di Kahramanmaraş. Penyinaran ini untuk menampilkan keagungan masjid dari siang hari hingga ke malam hari. Masjid ini menjadikan simbol kota yang menghiasi cakrawala.

Di atas lahan 4.600 meter persegi berdiri megah Masjid Abdülhamid Han yang memiliki daya tamping sekitar 20 ribu orang. Masjid yang dirancang oleh arsitek Hacı Mehmet Güner dibangun antara tahun 1993-2011 ditopang oleh empat pilar dan memiliki empat menara masjid serta 32 kubah.

Adanya penyinaran Philips ini sebagai pencahayaan baru untuk menampilkan keindahan arsitektural bangunan dan menjadikannya simbol kota. “Setiap kali saya memandang masjid ini, saya merasakan emosi yang berbeda. Pencahayaan baru ini menampilkan keindahan arsitektural bangunan dan menjadikannya simbol kota,” kata Mustafa Aksel Abacıoğlu, Kepala Departemen Survei dan Proyek di Pemerintah Kota Metropolitan Kahramanmaraş.

Philips menerapkan pencahayaan baru masjid dengan menggunakan campuran lampu LED berwarna dan cahaya putih hangat. Untuk bagian eksterior, pilar-pilar masjid disinari dengan luminer Philips Vaya Flood LP RGB, sedangkan cahaya putih hangat digunakan di aula belakang untuk menonjolkan ilustrasi dinding.

Untuk kubah utama bermandikan cahaya putih lembut yang dikelilingi oleh kubah-kubah lebih kecil yang berbalut pencahayaan berwarna. Sedangkan menara-menara masjid diterangi dengan cahaya putih hangat yang dihasilkan oleh luminer Philips Vaya Flood LP G2, White & Mono LED sehingga menonjolkan bangunan yang mengagumkan ini.

Sementara, tempat wudhu di halaman masjid disinari dengan pencahayaan putih cerah dan pencahayaan berwarna diterapkan di kubah bagian dalam. Lampu putih hangat juga digunakan pada gerbang masuk menuju halaman untuk menyambut pengunjung sekaligus menampilkan fitur arsitektur masjid yang menakjubkan.

Selama terpasang diwaktu malam, cahaya dapat berubah-ubah disesuaikan dengan berbagai skenario pencahayaan yang diinginkan, yang menciptakan suasana indah di malam hari. Teknologi Philips Vaya Flood luminaires putih dan berwarna untuk menciptakan tampilan menarik di malam hari selama acara berlansung.

Pada tahun 2016, penyinaran di masjid juga telah dilakukan Philips Lighting Indonesia seperti di Islamic Center NTB di Mataram, Lombok, sebagai bagian dari penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVI, menerangi tiga masjid di Palembang, Sumatera Selatan, yaitu masjid Ki Muara Ogan, masjid Algazali dan masjid Lawang Kidul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *