Transformasi Digital Demi Kesuksesan Masa Depan

Pemimpin perusahaan retail percaya, mereka perlu mentransformasi bisnis mereka menjadi bisnis digital untuk tetap sukses. Data Studi Microsoft Asia Digital Transformation menunjukkan, pemimpin bisnis di wilayah Asia Pasifik sektor retail setuju pentingnya revolusi industrial ke-4.

Mayoritas pemimpin bisnis menyadari pentingnya transformasi digital untuk  mengimbangi perubahan iklim bisnis yang tengah terjadi. Namun, studi Microsoft mengemukakan perjalanan transformasi kebanyakan perusahaan retail di Asia masih berada dalam tahap awal.

Hasil studi menunjukkan 76 persen responden percaya, mereka perlu bertransformasi menjadi sebuah perusahaan digital untuk dapat terus bertumbuh dimasa mendatang. Hanya 37 persen saja yang menyatakan mereka telah memiliki strategi digital yang komperhensif pada saat ini.

Microsoft juga menunjukkan sekitar 43 persen pemimpin bisnis di industri retail sudah dalam proses menuju transformasi digital untuk bagian-bagian tertentu dalam bisnis mereka. Sebesar 20 persen masih hanya memiliki sedikit strategi atau tidak memiliki strategi sama sekali.

“Studi Microsoft Asia Digital Transformation menunjukkan bahwa sektor retail di Asia telah mulai bergerak dan menunjukkan kebutuhan untuk bertransformasi secara digital agar dapat menghadapi tantangan dan kesempatan dalam revolusi industrial ke-4 dalam wilayah ini. ” kata Direktur One Commercial Partner & Small Medium and Corporate Microsoft Indonesia, Mulia Dewi Karnadi.

Mulia Dewi Karnadi menambahkan, banyak perusahaan yang belum mengambil langkah cepat untuk memanfaatkan nilai yang ada dari data laten untuk lebih memenuhi kebutuhan pelanggan. Micrisift mendorong seluruh pemimpin perusahaan retail untuk bertransformasi secara digital agar dapat memenuhi perubahan kebutuhan dari luar dan dari dalam, untuk tetap relevan.

Sebuah perusahaan yang mengambil langkah transformasi adalah PT Indonesia Wacoal. Perusahaan ini mengambil langkah mentransformasi model bisnis mereka dengan mengintegrasikan operasi retail, distribusi, dan manufaktur menggunakan Microsoft Dynamics AX.

Microsoft Indonesia dan PT Intikom Berlian Mustika mengumumkan imprementasi Microsoft Dynamic AX untuk PT Indonesia Wacoal (Wacoal). Microsoft Dynamics AX akan membantu Wacoal dalam mengambil keputusan secara cepat dengan akses kepada data dan kecerdasan real-time di hampir seluruh perangkat, dimanapun. Hal ini akan memungkinkan karyawan untuk mentransformasi proses kerja mereka menjadi lebih cepat dan membuat mereka mampu berinovasi agar terus berada di depan.

“Microsoft percaya bahwa hal ini melibatkan transformasi pada empat pilar utama – memberdayakan karyawan, interaksi pelanggan, pengoptimalan operasional dan bertransformasi dengan produk, layanan atau model usaha baru, dimana data dan komputasi awan merupakan kunci teknologi utama untuk hal ini,” tegas Mulia Dewi Karnadi

Untuk diketahui, Microsoft mendefinisikan yang dimaksud dengan transformasi dalam empat pilar utama yakni satu, Interaksi Pelanggan, perusahaan retail saat ini perlu berpikir ulang tentang pengalaman yang mereka berikan bagi pelanggan dalam hal interaksi, untuk menaikan retensi dan loyalitas pelanggan dengan memberikan penawaran relevan serta pelayanan personal. Dua, memberdayakan Karyawan: Dengan alat produktivitas modern, karyawan akan dapat mengakses keahlian serta sumber-sumber secara langsung untuk membawa nilai tambah bagi pelanggan, yang juga akan memampukan mereka untuk berinovasi dengan lebih cepat, dan memberikan pengalaman pelanggan yang tak terlupakan, sambil memastikan persyaratan kepatuhan terpenuhi. Tiga, optimalkan Operasional: Gangguan dan perubahan teknologi seperti Kecerdasan Buatan (AI) dan IoT mengakselerasi potensi bagi perusahaan-perusahaan untuk mengoptimalkan operasional mereka. Industri retail menjadi salah satu indusri dengan pergerakan tercepat.

Terkahir atau keempat , Transformasi Produk & Model Bisnis: Perusahaan retail harus mendorong budaya inovasi ritel dan mengelola proses pengembangan produk baru agar lebih selaras dengan prioritas strategis untuk berkembang dan mengetahui cara memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

“Teknologi mengubah wajah perusahaan retail saat ini. Perusahaan retail tradisional kini perlu menyambut transformasi digital untuk dapat terus bertahan dalam era digital-first saat ini, dengan memastikan pengalaman online dan offline yang diberikan. Dalam waktu yang sama, Wacoal Indonesia juga mengintegrasikan teknologi mutakhir termasuk kemampuan analisa data terdepan, kecerdasan buatan (AI) dan lainnya untuk mentransformasi perjalanan perusahaan retail.” jelas Suryadi Sasmita, Presiden Direktur & Pemegang Saham PT Indonesia Wacoal.

Perlu dicermati, munculnya pelanggan generasi millennial, iklim ekonomi global yang rentan, dan naiknya penggunaan perangkat mobile, industri retail berada ditengah revolusi digital, dan pemimpin bisnis perlu bertansformasi atau akan terancam.

Suryadi menyampaikan rasa senang dapat memanfaatkan teknologi Microsoft Dynamics AX yang memampukan kami melakukan hal dengan lebih efektif.

Dynamixs AX akan membantu Wacoal Indonesia untuk menghadapi perubahan teknologi dalam memastikan segala hal berjalan dengan baik dan memanfaatkan teknologi terkini tanpa gangguan. Wacoal dapat memperbaharui sistem yang ada, terhubung menggunakan platform terintegrasi dan modern, dan memiliki tenaga kerja mobile. Antarmuka pengguna (UI) yang bersahabat dan sama dengan Microsoft Office, juga akan mengurangi waktu yang terbuang untuk pelatihan karyawan. Dengan integrase Skype for Business dan Office 365, dalam sebuah paket berbasih browser, tim Anda dapat memanfaatkan Komunikasi real-time serta kolaborasi secara virtual dimana saja, dan menggunakan perangkat apapun.

Implemetasi Microsoft Dynamics AX untuk Wacoal akan dibagi ke dalam 4 tahap, mulai dari implementasi Mobile Point of Sales (M-POS) di berbagai Department Store, implementasi AX Retail dan AX Financial, implementasi AX Manufacturing dan implementasi integrase Omni Channel. Tujuan utamanya adalah untuk perluasan situs jual-beli perusahaan ke dalam AX dan juga memastikan Wacoal memberikan pengalaman pelanggan yang konsisten baik secara offline maupun online.

“Pelanggan tidak akan menggunakan teknologi yang tidak mereka percayai. Ini merupakan syarat utama yang berlaku bagi organisasi dan perorangan, saat kita hidup dalam era mobile-first dan cloud-first. Memastikan keamanan, privasi dan kepatuhan merupakan tiga kunci untuk memampukan perusahaan retail dalam menyambut transformasi digital dengan percaya diri. Juga, menjaga data sensitive memerlukan pendekatan baru dan terintegrasi, yang sudah secara signifikan diadakan oleh kami,” jelas Mulia Dewi Karnadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *