Kartin1, Program Integrasi Data Nasional Ditjen Pajak

Kartu Indonesia Satu (Kartin1) sebagai program integrasi data nasional diluncurkan  Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak). Kartin1 merupakan platform aplikasi sistem identifikasi biometrik yang dapat mengintegrasikan beberapa identitas dan layanan produk di dalam sebuah kartu.

Kartin1 sebagai pengembangan kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dengan fungsi bukan hanya untuk data pajak saja. Kartu ini sebagai komplemen dari e-ktp, yang bertujuan mengintegrasikan berbagai data identitas dengan Nomor Induk Kependudukan.

Pemanfaatan teknologi informasi dalam penertiban basis data kependudukan masih menjadi persoalan mendasar di Indonesia. Padahal, integrasi data kependudukan sudah ada sejak lebih dari satu dasawarsa yang lalu, tepatnya melalui Keppres No.72/2004 tentang Single Identity Number (SIN) yang seyogianya efektif berjalan pada 2006.

iCIO Community mendukung realisasi program Kartin1 dan menjadi komunitas pertama yang menerima kartu anggota komunitas yang telah diintegrasikan dengan Kartin1. Kartu identitas anggota iCIO Community yang  terintegrasi Kartin1 diterima secara resmi oleh para anggota pada acra iCIO Exchange y di kantor pusat Ditjen Pajak di Jakarta (26/9).

”iCIO Community mengucapkan terimakasih telah dipilih Ditjen Pajak sebagai komunitas pertama penerima Kartin1. Kartu ini akan mampu menjadi sarana integrasi data khususnya identitas warga negara dan kapabilitas menjadi sarana pembayaran elektronik. Hal ini membuka peluang tersedianya solusi atas salah satu tantangan utama pengembangan industri digital di Indonesia.“ kata Chairman iCIO Community, Agus Wicaksono.

iCIO Community merupakan komunitas para Chief Information Officer dan para staf senior di bidang TIK dari beragam perusahaan dan organisasi di Indonesia. iCIO Community merupakan aset nasional yang siap berkontribusi dalam pembangunan TIK dan industri di Indonesia.

sementara Direktur Transformasi Teknologi Komunikasi dan Informasi Ditjen Pajak Iwan Djuniardi mengatakan, ”Kami merasa senang dan terhormat menerima iCIO Community untuk membagi informasi terkait Kartin1, salah satu inovasi Ditjen Pajak yang kami rancang menjadi sebuah platform yang mampu menjadi sarana integrasi data nasional.”

Iwan menambahkan bahwa Ditjen Pajak akan bekerjasama dengan berbagai instansi lainnya baik pemerintah maupun swasta untuk memaksimalkan semua potensi yang dimiliki Kartin1 baik sebagai platform integrasi data identitas warnaganegara maupun sistem pembayaran elektronik ke depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *