Pasar Asia dan AS, Diperkirakan Sebagai Target Pertama Smartphone 5G Tahun 2019

Smartphone 5G akan tersedia pertama kali untuk konsumen di Asia dan AS pada tahun 2019. Kebutuhan jaringan 5G didorong oleh meningkatnya tuntutan konsumen dan bisnis. Mereka menginginkan akselerasi di industri dalam standar jaringan dan perangkat.

Seperti diutarakan Steven Mollenkopf, CEO Qualcomm bahwa Pasar Asia dan AS diyakini bahwa smartphone 5G pertama akan tersedia untuk konsumen Asia dan AS lebih cepat satu tahun dari jadwal yang diprediksi banyak pihak yakni tahun 2020.

Hadirnya jaringan 5G akan menguntungkan perusahaan perangkat jaringan  seperti Huawei, Nokia, Ericsson tapi juga para produsen smartphone. Mereka akan melakukan dan menciptakan berbagai kebutuhan akan fitur baru dan upgrade perangkat jaringan.

Beralihnya standar jaringan baru ini, semua pihak mengharapkan  hadirnya layanan mobile baru dan model bisnis baru. Namun, percepatan ini juga akan menimbulkan tantangan baru bagi industri yang belum sanggup berinvestasi menuju 5G.

Masuk ke era 5G tidak hanya terkait koneksi kecepatan tinggi di smartphone dan perangkat mobile lainnya, tetapi juga koneksi mobil, mesin, kargo, perangkat industri, dan perangkat IoT (Internet of Things) lainnya ke Internet.

Guna mempersiapkan perpindahan jaringan beberapa operator telah mempersiapkan diri, bahakan sudah menyatakan siap dengan kehadiran 5G tahun 2019. Steven Mollenkopf menyampaikan bahwa beberapa operator di Korea Selatan, Jepang, dan AS telah bersiap dengan jaringan 5G. Untuk China akan ikut memgadopsi 5G.

Para operator berlomba-lomba ingin menjadi yang pertama menghadrirkan layanan 5G di negara masing-masing. Mollenkopf memprediksi bahwa Tiongkok akan menjadi negara yang mengadopsi 5G di awal-awal. Padahal biasanya China tidak tergolong sebagai early adopter terhdap standar seluler baru.

Mari kita menantikan datangnya teknologi dan jaringan 5G? apakah Asian Games 2018 di Indonesia akan arena pertarungan unjuk kebolehan teknologi 4.5G Indonesia dan Olimpiade Musim Dingin 2018 di PyeongChang, Korea Selatan menjadi ajang aksi demo teknologi layanan 5G dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *