Layanan 4G LTE  Nasional Menjangkau 338 DATI II Indonesia

Berdasarkan data hingga akhir Agustus 2017, secara nasional sekitar 338 kota/kabupaten telah terjangkau layanan internet cepat 4G LTE. Jumlah pelanggan layanan Data secara umum mencapai sekitar 70% dari total pelanggan.

Data akhir Juni 2017, jumlah pelanggan yang menggunakan smartphone sekitar 67% dari total pelanggan. Untuk pelanggan layanan XL 4G LTE telah mencapai sekitar 20 juta dari total pelanggan. Layanan XL saat ini didukung oleh total lebih dari 93 ribu BTS, termasuk lebih dari 42 ribu BTS 3G dan lebih dari 14 ribu BTS 4G.

XL Axiata perluas jaringan layanan Data berkualitas di wilayah Provinsi Jambi dan Sulawesi Utara. Layanan 4G LTE telah menjangkau 8 Kota/Kabupaten Propinsi Jambi dan 5 Kota/Kabupaten Propinsi Sulawesi Utara. XL melihat terjadi pemerataan permintaan atas layanan data berkualitas di berbagai daerah Indonesia.

Xl Axiata berupaya menjaga kualitas dan perluasan jangkauan dengan terus mentambah BTS sesuai dengan kebutuhan dan diharapkan mampu mendorong kenaikan trafik layanan data secara signifikan.

Yessie D. Yosetya Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, menyampaikan bahwa layanan 4G LTE XL sudah masuk ke lebih dari 117 kota/kabupaten di Sumatera sedangkan XL memasang target bisa masuk dan melayani di 127 kota/kabupaten. “Saat ini momen yang paling tepat melakukan perluasan, mengingat semakin meratanya permintaan atas layanan data yang berkualitas di berbagai daerah,” tegas Yessie dalam keterangan tertulis. Yessie berharap untuk area-area yang belum memungkinkan masuknya jaringan 4G LTE, XL akan meningkatkan jangkauan layanan 3G yang juga lebih berkualitas.

Layanan data 4G LTE di Sumutera telah dilayani masyarakat di Propinsi Jambi. Berdasarkan data Agustus 2017, sekitar 8 kota/kabupaten telah terjangkau layanan 4G LTE dengan mengoperasikan sekitar 100 BTS 4G dan lebih dari 300 BTS 3G. XL akan terus ditambah sesuai dengan kebutuhan.

Kota/kabupaten yang sudah terlayani jaringan 4G LTE adalah Kota Jambi, Kabupaten Batang Hari, Kabupaten Merangin, Kabupaten Muarojambi, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dan Kota Sungai Penuh.

Hadirnya layanan 4G LTE ini, XL Axiata berharap warga masyarakat di Jambi secara umum dan terutama para pelanggan, akan bisa memanfaatkan akses ke jaringan internet cepat dan layanan data berkualitas secara maksimal, terutama untuk tujuan-tujuan yang produktif.

Di Jambi, Xl mempunyai sekitar 1,3 juta pelanggan. Mereka mempunyai komposisi 33% diantaranya aktif menggunakan layanan data, baik 4G maupun 3G. Jumlah pelanggan yang sudah menggunakan smartphone 4G mencapai 32% dari total pelanggan Jambi.

Dalam 3 bulan terakhir terjadi peningkatan trafik layanan data sebesar 86%. Trafik layanan akan terus meningkat seiring dengan semakin banyak pelanggan yang beralih menggunakan smartphone 4G.

XL Axiata juga menginformasikan perkembangan dan pertumbuhan layanan data 4G LTE di Sulawesi Utara. Di Provinsi Sulawesi Tenggara, jaringan 4G LTE XL telah masuk ke 5 kota/kabupaten. Hal ini mendorong kenaikan trafik layanan data secara signifikan yakni meningkat 134% dalam kurun waktu setahun terakhir. Layanan 4G LTE hadir di Kota Kendari, Kota Bau-Bau, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Konawe, dan Kabupaten Muna.

Dengan memiliki jumlah pelanggan lebih dari 379 ribu dan sekitar 100 ribu pelanggan di antaranya aktif memanfaatkan layanan 4G LTE. Para pelanggan dilayani oleh 40 unit BTS 4G. Kota/kabupaten yang belum terjangkau layanan 4G LTE, bisa memanfaatkan layanan 3G dengan kualitas yang telah ditingkatkan melalui sekitar 300 unit BTS 3G di seluruh kota/kabupaten di Sulawesi Utara.

Pada Semester 1 2017, total pelanggan XL di Sulawesi sekitar 2,7 juta, sekitar 68%  telah menggunakan layanan data (3G dan 4G) dan lebih dari satu juta smartphone 4G telah digunakan sehingga trafik layanan data di seluruh Sulawesi meningkat hingga 269% dalam setahun terakhir, khusus trafik 4G LTE meningkat sampai 509%.

Layanan 4G LTE sudah terjangkau di 37 kota/kabupaten provinsi di Sulawesi, para pelanggan dilayani oleh 500 unit BTS 4G dan akan terus ditambah hingga mencapai lebih dari 560 unit sampai akhir tahun 2017. Bagi pelanggan layanan 3G, XL mengoperasikan BTS 3G mencapai lebih dari 1.700 unit, dan ditargetkan lebih dari 1.900 unit hingga akhir tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *