Telkomsel TCASH Pass, Fitur Bayar BRT Semarang

Pemerintah Kota Semarang  bersama Telkomsel bekerjasama untuk menjawab menjawab kebutuhan digitalisasi pembayaran di sektor transportasi yang bersifat cepat dan berulang melalui fitur TCASH Pass.

Telkomsel mengembangkan cakupan layanan keuangan digital TCASH di sektor transportasi dengan menggelar uji coba layanan TCASH Pass di Bus Rapid Transit (BRT) Semarang, Jawa Tengah bersama Pemerintah Kota Semarang.

Fitur TCASH Pass siap melayani digitalisasi pembayaran di sektor transportasi dengan cepat, mudah dan berulang. Implementasi teknologi ini memungkinkan transaksi di terminal pembayaran tanpa perlu melakukan otorisasi PIN.

Peluncuran perdana TCASH – BRT Semarang dilakukan setelah penandatangan nota kesepahaman oleh Vice President Sales & Marketing Telkomsel Area Jawa Bali Ericson Sibagariang dan Walikota Semarang Hendrar Prihadi di Balai Kota Semarang, Jawa Tengah. Dengan demikian kerjasama pembayaran tiket BRT Semarang menggunakan layanan TCASH Pass sudah berjalan mulai 18 Agustus 2017.

“Fitur pass dalam layanan TCASH hadir dalam upaya mempercepat pengembangan konsep Smart City sekaligus merupakan wujud dukungan dalam membangun Gerakan Nasional Non Tunai yang dicanangkan pemerintah melalui digitalisasi pembayaran layanan transportasi.” kata Direktur Sales Telkomsel Sukardi Silalahi.

Sementara Hendrar Prihadi, Walikota Semarang berharap “Sinergitas antara Pemerintah Kota Semarang dan Telkomsel melalui layanan TCASH mampu meningkatkan kecepatan pelayanan Trans Semarang. Kami yakin, sebagian besar pengguna Trans Semarang akan sangat menyambut baik inovasi ini, karena Telkomsel sebagai operator seluler dengan pelanggan terbanyak di Indonesia, sehingga pengguna Trans Semarang pelanggan Telkomsel akan dimudahkan dengan berjalannya sistem ini.”

Untuk mengaktifkan fitur TCASH Pass, pelanggan Telkomsel yang aktif menggunakan layanan TCASH dengan mudah mengaktifkan fitur TCASH Pass pada sticker near-field communication (NFC) TCASH yang tersedia di pusat pelayanan transportasi khususnya di halte BRT Balai Kota Semarang dan GraPARI Semarang. Setelah aktivasi layanan TCASH TAP dan fitur Pass, pelanggan dapat mengalokasikan saldo untuk layanan TCASH Pass.

Dalam penggunaannya pun sangat mudah, transaksi TCASH dapat langsung dilakukan di dalam bus, caranya cukup melakukan tap atau menempelkan sticker NFC TCASH ke terminal pembayaran BRT Semarang yang dibawa petugas. Pelanggan akan dikenakan tarif sesuai yang berlaku, yakni Rp 3.500 untuk umum dan Rp 1.000 untuk pelajar. Untuk menunjang kemudahan akses layanan TCASH, Telkomsel menyediakan akses khusus aktivasi layanan TCASH untuk Kota Semarang melalui menu akses *800*024#.

“Kerjasama TCASH Pass dengan Bus Trans Semarang merupakan langkah pertama kami di sektor transportasi umum. Fitur ini dikembangkan untuk menjawab kebutuhan pelanggan yang ingin  menggunakan TCASH sebagai alat pembayaran di dalam kehidupan mereka sehari-hari.” ungkap Senior Vice President Mobile Financial Services Telkomsel Danu Wicaksana.

Danu berharap TCASH Pass dapat semakin memudahkan keseharian masyarakat Kota Semarang menjadi masyarakat digital di tengah-tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat ini.

Harapan ke depan, kerjasama Telkomsel dengan Pemerintah Kota Semarang akan terus dikembangkan melalui implementasi pembayaran non tunai di berbagai sarana umum lainnya, seperti retribusi sampah, biaya administrasi pemerintahan, dan sebagainya.

Di seluruh Indonesia, lebih dari 12 juta pelanggan Telkomsel telah menikmati layanan TCASH. Telkomsel konsisten mengembangkan ekosistem layanan keuangan digital dengan menggandeng berbagai pihak untuk mendukung upaya pemerintah dalam membangun Gerakan Nasional Non Tunai dan mempercepat keuangan inklusif bagi masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *