Tahun 2020, Dimulainya Era Teknologi 5G

Teknologi jaringanSeluler generasi kelima (5G) akan menyambangi Anda pada tahun 2020. Untuk menghadapi era 5G, Indonesia sudah membentuk lembaga khusus bertajuk “Indonesia 5G Forum” dua tahun lalu. Seminar 5G kembali digelar dengan tajuk “5G: Policy, Technology, and Regulatory Perspective”, di Jakarta tahun 2017.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengingatkan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengadopsi jaringan seluler 5G. Indonesia bukan hanya menyiapkan dari segi teknologi, tetapi juga kesiapan industri, regulasi, dan ekosistem masyarakat. Jika masyarakat belum siap, maka implementasi 5G tak akan dimanfaatkan secara maksimal.

Menurut Kepala Riset dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Basuki Yusuf Iskandar, “Teknologi itu bagus kalau orang mengerti. Kalo hanya mengerti setengah-setengah, masyarakat nggak produktif.

Basuki menambahkan kita jangan gagap teknologi. Bukannya mau jadi late adopter (pengadopsi lambat), tapi rational adopter (pengadopsi rasional). “Sebaiknya kita lihat dulu negara-negara lain. Biarkan mereka adopsi lebih awal supaya kita bisa belajar dan lebih siap,” ia menuturkan usai seminar bertajuk “5G: Policy, Technology, and Regulatory Perspective”, di Mercantile Athletic Club, WTC 1, Jakarta, Agustus lalu.

Regulasi terkait implementasi 5G sedang didiskusikan bersama dengan berbagai pihak. Dampak sosial dari 5G akan lebih kompleks ketimbang 4G LTE, karena kemampuannya memicu lebih banyak kemunculan disruptive technology. 5G akan mempunyai dampak yang lebih problematik. Makanya persiapan ke sana harus lebih matang.

Jaringan seluler 5G merupakan teknologi yang tak bisa dibendung namun harus disertai regulasi yang kokoh agar tak kecolongan. Aturan-aturan seperti TKDN dan pajak perlu diperdalam lagi untuk sebelum era 5G masuk.

Indonesia 5G Forum merupakan salah satu lembaga yang diminta rekomendasi atau masukan untuk merumuskan regulasi soal jaringan generasi kelima. Sejauh ini, pembahasan soal regulasi 5G masih dalam tahap awal. Implementasi 5G di Indonesia diprediksi akan baru bisa komersil sekitar 10 tahun dari sekarang.

Sambutan datangnya teknologi 5G telah dinantikan para penyedia teknologi 5G, mereka sudah siap menggenjot jaringan tersebut di berbagai belahan dunia. Qualcomm, Ericsson, Nokia, dan ZTE, gencar menyuarakan manfaat dari implementasi 5G di bidang sosial dan ekonomi.  Staff Manager, Technical Marketing Qualcomm, Patrick Lau menyampaikan bahwa semester dua tahun ke depan mereka sudah siap modem 5G X50.

 

Patrick  menginformasikan, salah satu implementasi jaringan 5G adalah teknologi virtual reality (VR). Saat ini teknologi itu memang masih fokus pada gaming, namun ke depannya bisa merambah ke sektor kesehatan, pendidikan, hingga pertanian.

Jika teknologi virtual reality (VR) diterapkan di dunia kedokteran maka dokter di Jakarta bisa membantu proses operasi di Kalimantan karena bisa melihat keseluruhan proses yang real dengan VR. Untuk bidang pertanian, pemanfaatan teknologi 5G bisa untuk mengukur kadar air secara otomatis. Sedangkan di bidang keamanan bisa dimanfaatkan untuk pengawasan daerah bencana dengan drone secara real-time.

Bahkan, Head of Network Solutions, Network Evolution Ericsson, Ng Thiaw Seng menganjurkan operator telekomunikasi di Indonesia agar sudah mulai mencoba teknologi 5G dari sekarang. Supaya nanti inovasinya lebih cepat. Ng Thiaw Seng menginformasikan pihaknya sudah menandatangani kontrak dengan 33 perusahaan telekomunikasi di seluruh dunia untuk merealisasikan 5G.

Sementara Director of Goverment Affairs Qualcomm Southeast Asia, Nies Purwati mengaku paham terkait sikap pemerintah yang tak ingin buru-buru mengimplementasikan 5G.  Pasalnya posisi Indonesia bukanlah negara produsen teknologi.

Nies menyarankan bahwa ada baiknya memantau perkembangan yang ada sekarang. Indonesia harus melihat dimana bisa bersaing, misalnya dari sisi aplikasi dan startup. Persiapan harus dilakukan dengan matang dari awal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *